Rabu, 19 Oktober 2016

CARA MENGGANTI KOMPRESOR AC RUANG

 


Mungkin anda pernah mengalami kerusakan pada mesin utama yaitu mesin kompresor.
Kompresor pada Ac ruang ibarat manusia itu jantungnya lho…jadi kalau pemasangannya tidak tepat malah usia kompresor setelah di pasang beberapa bulan rusak lagi. Tau sendiri kan untuk harga kompresor itu mahalll loohh...

Kompresor ini termasuk alat yang paling utama dalam mesin pendingin sebab kompresor adalah penggerak refrigran agar dapat bersirkulasi dan menghisap panas, kompresor yang menggunakan kumparan sebagai mesin penggerak, banyak faktor yang menyebabkan kompresor rusak yaitu :
  1. Kelebihan Beban
  2. Kehabisan Oli
  3. Arus dan Tegangan
  4. Kapasitor Mati
  5. Buntu
  6. Salah Pengisian
  7. Aus dan karat
Masalah lain yang sering terjadi pada compressor AC diantaranya adalah; compressor sulit hidup, berisik dan terbakarnya compressor. Berikut penjelasan tentang CARA MENGGANTI KOMPRESOR AC RUANG , Mari disimak :


Penggantian Compressor AC

Penggantian kompresor AC merupakan pekerjaan yang harus dilakukan oleh teknisi yang terlatih. Tidak hanya karena compressor motor merupakan bagian yang paling mahal dari sebuah air conditioner, tetapi juga karena penggantian ini cukup rumit. Langkah pengerjaan:
  • Pastikan bahwa kompresor AC memang telah rusak da memerlukan penggantian.
  • Melakukan identifikasi model dan kapasitas kompresor AC sehingga penggantian dapat dilakukan secara tepat.
  • Matikan air conditioner, termasuk jaringan listrik di lokasi air conditioner tersebut dipasang.
  • Kosongkan refrigerant atau freon AC. Prosedur modern memungkinkan untuk menampung refrigerant ini daripada melepasnya ke lingkungan untuk mengurangi polusi
  • Potong pipa refrigerant dan copot kompresor
  • Compressor AC yang baru dipasang dan pipa refrigerant dihubungkan kembali
  • Lakukan vacumming pada sistem untuk megeluarkan udara dari pipa refrigerant dan compressor AC. Hal ini bertujuan juga untuk memeriksa jika terdapat kebocoran didalam sistem. Jika masih terdapat udara dan bercampur dengan refrigerant akan menyebabkan sistem tidak bekerja dengan baik. Begitu juga jika refrigerant bercampur dengan air.
  • Refrigerant dimasukkan kedalam sistem pada jumlah yang tepat. Kelebihan atau kekurangan volume refrigerant akan menyebabkan sistem tidak beroperasi dengan baik.
  • Lakukan test dan evaluasi pada sistem
Demikianlah informasi yang dapat saya share tentang CARA MENGGANTI KOMPRESOR AC RUANG, Semoga informasi sedikit ini dapat bermanfaat untuk anda ^_^
"CV ATA" Kami memberikan layanan untuk penggantian kompresor Surabaya dan sekitarnya AC Ruang, Kulkas, Freezer, Show Case, dan Mesin Pendingin lainnya baru atau 2nd.

"CV ATA" Kami memberikan layanan Service AC Surabaya meliputi service cleaning, pengecekan arus & tegangan, dan pengecekan tekanan refrigran. Dengan biaya Rp.50.000,- (bergaransi) 'hubungi kami'

Sumber informasi : Servisacsurabaya.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar